Masyarakat keluhkan PSB online

Solo (Espos)    Orangtua murid mengeluhkan susahnya mengakses situs resmi penerimaan siswa baru (PSB) online. Mereka juga mengeluhkan sistem yang digunakan dalam PSB online tahun ini.

Keluhan antara lain masuk ke PT Telkom Kantor Daerah Telekomunikasi (Kandatel) Solo, hal ini terkait sulitnya masyarakat yang menggunakan jasa Internet PT Telkom yang tidak bisa mengakses situs resmi http://www.ppdbonline-solo.net. PT Telkom menyatakan bahwa sulitnya masyarakat mengakses situs PSB online di Solo bukan diakibatkan oleh akses Internet dari Telkom. Hal ini ditegaskan oleh Deputy General Manager PT Telkom Kandatel Solo Delly Iriansyah kepada wartawan di kantornya, Jumat (4/7). ”Kalau misalnya ada yang menyebut bahwa akses Internet Telkom tidak bisa dipakai untuk mengakses situs PSB online Solo, itu patut dipertanyakan karena dalam kenyataannya akses Internet kami bisa mengakses situs-situs lain di mana pun,” tegas Delly.


Keluhan sulitnya mengakses situs http://www.ppdbonline-solo.net antara lain terjadi pada Jumat siang. Delly menyatakan pula, informasi publik seperti penerimaan siswa baru seharusnya bisa dengan mudah dibuka atau diakses dengan menggunakan media apa pun. ”Seharusnya tidak ada masalah untuk itu. Hambatan baru mungkin ada kalau misalnya ada pembatasan akses seperti hanya akses providertertentu saja yang bisa masuk. Atau bisa juga hambatan muncul kalau kemampuan server-nya terbatas sehingga tak bisa melayani permintaan akses yang muncul bersamaan dalam jumlah besar,” tegas Delly.
Untung-untungan
Keluhan tentang sistem online juga disampaikan, Gatot, warga Solo yang memantau jurnal bagi keponakannya. Kamis (3/7) malam saat dia mencoba mengakses, ternyata tidak ada up date data, sehingga tidak bisa mengetahui posisi akhir keponakannya. ”Saya telepon ke nomor hotline, katanya memang up date data dihentikan. Kemudian sempat muncul perubahan, tetapi lambat sekali. Hingga jam 01.00 WIB saya kesulitan memantau posisi, sampai Jumat pagi sama saja, akhirnya ya sudah untung-untungan. Kalau model seperti ini tidak bisa disebut online. Ini tidak menggunakan teknologinya, tetapi hanya menggunakan Internet sebagai media menampilkan data. PSB online tahun lalu padahal sudah bagus sebenarnya,” keluh Gatot.
Terpisah, panitia penyelenggara menyatakan hingga kini masih menyelesaikan input data yang dikirim ke Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo. Sembari menyelesaikan input data, masyarakat dipastikan masih dapat melihat jurnal pendaftaran sekaligus pergeseran nilai setiap detiknya.
Menurut Ketua Pelaksana PPDB online Solo, Drs Budi Sartono MSi, langkah itu diambil menyusul mulai ditutupnya PPDB online untuk sekolah negeri per Jumat. Selain menyelesaikan input data, panitia juga segera menganalisis sekaligus mengecek data yang telah masuk.
”Perlu diketahui, tahapan pascapendaftaran PPDB online ini kan, input data, finalisasi, cek data sekali lagi, sebelum akhirnya diumumkan ke masyarakat,” kata Budi. Input data yang sedang dilakukan, sambungnya, termasuk juga tahap analisis dan penyusunan peringkat. – Oleh : Ponco S, Ariyanto, R Bambang AS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: