Apakah benar hacker menyusup ke PPDB Online Solo?

Seperti yang dikemukakan Dr. Sutanto, jangan mengkambinghitamkan HACKER, bahwa hacker bukanlah penyebab kenapa bisa terjadi error. Saya tertarik mengupas hal tersebut, karena menurut perbincangan dalam millist di jardiknas ternyata hal tersebut juga perhatian.

Sebenarnya apasih yang dilakukan hacker dalam mencoba masuk ke sistem, berikut penjelasannya apa itu hacker.

Terminologi hacker muncul pada awal tahun 1960-an diantara para anggota organisasi mahasiswa Tech Model Railroad Club di Laboratorium Kecerdasan Artifisial Massachusetts Institute of Technology (MIT). Kelompok mahasiswa tersebut merupakan salah satu perintis perkembangan teknologi komputer dan mereka berkutat dengan sejumlah komputer mainframe. Kata hacker pertama kalinya muncul dengan arti positif untuk menyebut seorang anggota yang memiliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat program komputer yang lebih baik ketimbang yang telah dirancang bersama.

Kemudian pada tahun 1983, istilah hacker berubah menjadi negatif. Pasalnya, pada tahun tersebut untuk pertama kalinya FBI menangkap kelompok kriminal komputer The 414s yang berbasis di Milwaukee AS. 414 merupakan kode area lokal mereka. Kelompok yang kemudian disebut hacker tersebut dinyatakan bersalah atas pembobolan 60 buah komputer, dari komputer milik Pusat Kanker Memorial Sloan-Kettering hingga komputer milik Laboratorium Nasional Los Alamos. Satu dari pelaku tersebut mendapatkan kekebalan karena testimonialnya, sedangkan 5 pelaku lainnya mendapatkan hukuman masa percobaan.

Hacker memiliki konotasi negatif karena kesalahpahaman masyarakat akan perbedaan istilah tentang hacker dan cracker. Banyak orang memahami bahwa hackerlah yang mengakibatkan kerugian pihak tertentu seperti mengubah tampilan suatu situs web (deafcing), menyisipkan kode-kode virus dsb. Padahal, mereka adalah cracker. Crackerlah menggunakan celah-celah keamanan yang belum diperbaiki oleh pembuat perangkat lunak (bug) untuk menyusup dan merusak suatu sistem. Atas alasan ini biasanya para hacker dipahami dibagi menjadi 2 golongan White Hat Hackers, yakni hacker yang sebenarnya dan cracker yang sering disebut dengan istilah Black Hat Hackers(Sumber WIKIPEDIA)

Nah anda sudah tahu sekarang, sebenarnya yg jahat itu Hacker atau Cracker….

Nah sekarang apa yang dikerjakan Cracker biasanya…..

  1. Scanning, artinya adalah mengetahui hal-hal dasar mengenai sistem yang digunakan, baik sistem operasi, sistem file, vulnerelability(Keamanan Data) dan sebagainya.
  2. Melakukan penyusupan ke sistem, bagaimana hal ini bisa terjadi, hal ini bisa terjadi jika ada kemungkinan folder yg dapat diakses dgn priviledge Read Write dan Execute oleh Public. Sehingga orang bisa meletakkan file di server dan selanjutnya mengeksekusinya. Kemungkinan kedua adalah dari lemahnya konfigurasi server. Hal ini bukan hal yang mudah…
  3. Selanjutnya mengetahui password super user, bagaimana ini bisa terjadi. Jika Point 2 sudah dapat dilakukan akan sangat mudah sekali.
  4. Selanjutnya biasanya akan mengubah data secara acak. Kenapa acak karena seorang cracker biasanya tidak mikir dalam merusak dan tidak terpola. Terlalu lambat jika seorang cracker harus mikir, yang dirusak adalah halaman untuk SMP X trus halaman ke 10. Cracker bekerja cepat agar tidak diketahui oleh administrator. Jika harus mikir-mikir dulu…. waduh keburu diketahui administrator.
  5. Biasanya cracker juga akan melakukan DEFACE (penggantian halaman), masih ingatkah pada tahun 2004 yang lalu Website KPU, partai-partainya berubah menjadi partai Ketela, padi dsb(wah saya sudah lupa).

Kegiatan-kegiatan Cracker diatas apakah tidak dapat dilacak, hehehehe jawabannya BISA SEKALI. Setiap orang yang mengakses server baik remoting maupun tidak, pasti ada LOG nya, ada Catatanya. tanyakan saja Adminnya… RAK YO NGONO THO Mas Nur…?

Nah sulit bukan kalaupun bisa pasti bisa dilacak…..intinya jika dari penjelasan cracker adalah

  1. Apakah website PPDB Online berubah tampilannya?
  2. Apakah data-data PPDB errornya TIDAK TERPOLA?

Kedua pertanyaan tersebut tidak ada buktinya, kenapa

  1. Website PPDB online masih sama tampilannya. artinya tidak ada DEFACING, tampilannya wajar-wajar saja, masih sama seperti semula.
  2. Error data TERPOLA, error yg terjadi adalah pada BATAS BAWAH beberapa sekolah.(cracker pasti akan melakukan secara acak sehingga tidak terpola). Salah satu pembaca blog ini telah mengirimkan beberapa bukti bahwa error data yang terjadi adalah terpola. Berikut CONTOH BUG PPDB ONLINE SOLO 2008 (Bug dalam IT artinya adalah kelemahan)

Justru ada beberapa hal yang perlu diklarifikasikan

  1. Kenapa Website tidak dapat diakses sampai sekarang, bahkan ucapan terima kasih atau minta maaf pun tidak dilakukan(sungguh telalu). Kesalahan yang diperbuat sudah membuat susah orang dari orang yg seharusnya diterima menjadi tidak diterima adalah DHOLIM. Minta maaf saya kira lebih Gentle, sampaikanlah dalam website. Agar masyarakat TERCERAHKAN. Coba anda cari di GOOGLE dengan kata Kunci PPDB ONLINE, yang muncul adalah WEB INI(ngisin-isinke wae)
  2. Bagaimana bisa terjadi(pada hari ke 4-5), website hanya bisa diakses oleh salah satu provider saja(INDOSAT) sedang yang lain tidak dapat mengaksesnya, dan Anehnya Menyalahkan TELKOM lagi, wah-wah ini harus minta maaf kedua kalinya (TERLALU….).
  3. Kenapa ada 2 pengumuman hari pertama dan kedua, sedang hari pertama dan kedua hasilnya beda. kejadian ini yang paling NGISIN-NGISINI ( OPO YO ORA DICEK SIK THO LE LE ).
  4. Mungkin orang-orang tidak membahas ini sebelumnya, yaitu terkait pengadaan barang dan jasa, Nah bagaimana realitasnya, perlu diperjelas, agar tidak bersinggungan dengan aturan yang berlaku (PP 80). Kebanyakan masyarakat justru membahas masalah sistem dan sistem yang kacau. Administrasinya bagaimana? Jangan-jangan Cracker ada disini…. kekekeekkeek

Dalam pandangan saya sementara ini adalah

  1. Pada awalnya saya kasihan sama PUSKOM UNS karena orang-orang tidak tahu kalau yang mengerjakan bukan PUSKOM, sementara orang yg melakukan komentar di web sekolah-kita.net sangat HEBOH, dan saya yakin pasti telpon puskom tidak henti-hentinya berdering menangani KOMPLAIN ini, (Jika ada orang puskom berikan pendapatnya.. please.. hehehe bener ndak perkiraan saya ini) maaf lhoh PUSKOM saya bawa namanya disini.
  2. Bukan hacker yang membuat kacau, namun kemungkinan trafic penuh ada(sehingga aplikasi jadi error karena gagal input dan gagal melakukan rangking).
  3. Saya tidak membela siapapun, NAMUN bersikaplah GENTLE. Jangan mengalihkan perhatian.(Kaya SBY saja, BBM Naik FPI digruduk hahahahahahahahahahah).

Salam Hangat dan Jabat Erat

2 Responses

  1. sabar mas sabar, no human perfect.

    kenapa harus harus hacker yg disalahkan? karena masyarakat umum memahami ‘hacker’ is bad guy.

    Umumnya jika para ‘black hat hacker’ (ingat film koboi jadul yg pake topi hitam pasti jahat, dan yg pake topi putih pasti lakon🙂 ingin menyerang, pertama yg dilakukan adalah defacing (karena untuk menunjukkan identitas) baru setelah itu mengacak-acak data.

    Contoh defacing yang heboh pernah terjadi:
    1. Perang Cyber antara Indonesia dan Portugal pada waktu kasus referendum Timor-Timor
    2. Perang Cyber Indonesia dan Malaysia ketika kasus Ambalat dan Legitan
    3. Perang Cyber antara Indonesia dan China ketika kerusuhan 1998
    4. Penggantian logo partai di web KPU ketika pemilu 2009

    Rata-rata “hacker” akan dengan bangga meninggalkan Identas ketika berhasil membobol situs tertentu, dg cara meninggalkan pesan singkat dan kalau baik hati akan mengingatkan admin bahwa ada celah di servernya yg bisa di exploit.

    Kembali ke PPDB Online Solo, apakah terjadi defacing di PPDBOnline-Solo.net? Jika tidak saya tidak yakin adanya serangan Black Hat Hacker di situs dikpora tersebut.

  2. he… he.. lucu juga sich pengalaman jaga warnet.. kmrin😀

    baru pertama lihat sistem onlie PPDB padahal katanya tahun 2008 bukan yang pertama…
    😀 dari website yang ndak bisa diakses… bisa diakses tapi pakai alamat IP nya… uch,, kalo user umum di warnet saya sich bingung terus kok ndak bisa diakses yach..😦 yang cuman mudeng ngetik alamt nya yg panjang sak etereng :)) PPDBOnline-Solo.net :)) tapi klo di ping kok masih ada response🙂 guwe kasih almt IP nya.. bisa akses tapi lemoet😀

    tapi hari2 akhir menjelang pengumuman tambah runyem nuch,,,

    klo menurut saya sebagai orang awam.. kemungkinan karena server down, jalur bandwitch yang sempit, name server yang kacau,,,😦 opo iyoo yooch :))

    tapi ak selalu mendukung kemajuan untuk bangsa ku,, dari pada harus antri :)) mo 2010 lho… kan enak klo udah bisa diakses dari kompter…

    pokoknya ndak usah takut untuk maju terus,,, tahun depan semoga lebih mantap…🙂

    -jadi inget super toy🙂 udah nasib jadi orang indonesia… klo kelihatan bagus dipuji2 masa’ ampun.. klo gagal di hina dan dicaci maki ampe ndak nampak klo masih pantes jadi orang-

    -klo ndak online warnet juga sepi lhoo :))-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: