Kejati Jatim Bentuk Tim Khusus Pemantau PSB

Surabaya – Menanggapi instruksi Jaksa Agung Hendarman Supandji untuk memantau jalannya seleksi penerimaan siswa baru (PSB) maupun mahasiswa baru. Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur langsung membentuk Tim Khusus yang mengamati pelayanan publik.

“Kita sudah membantuk tim khusus yang dipimpin langsung oleh Asintel,” ujar Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jawa Timur Purwo Sudiro kepada wartawan di Gedung Kejati, Jalan Ahmad Yani Surabaya, Jumat (11/7/2008).

Selain membentuk tim khusus di kejati, Kejaksaan Negeri yang tersebar di Jawa Timur juga sudah dibentuk tim. Setiap tim diisi oleh empat pejabat sesuai struktur jabatan di kejari masing-masing.

Sementara itu, Asisten Intelijen (Asintel) Kejati Jatim AF Dharmawan saat ditemui terpisah di ruangannya mengatakan, tim tersebut tidak bisa turun langsung ke sekolah-sekolah. Tim akan menerima laporan dan keluhan dari wali murid atau masyarakat.

“Ya kita lihat dulu kasusnya. Apakah masuk kategori gratifikasi, pidana umum lainnya. Nanti kan dikaji hasilnya,” kata Asintel Kejati Jatim AF Dharmawan.

Dharmawan mengatakan tidak semua sumbangan atau iuran yang dikenakan pihak sekolah menyalahi aturan.

“Kalau sumbangan-sumbangan ditentukan yayasan dan sudah melalui persetujuan, kan tidak menyalahi. Tapi kalau ada yang menyimpang dan menyalahi aturan kita akan tindak,” katanya.

Tim Khusus Pelayanan Publik di kejati dan kejari sudah terbentuk sejak dua minggu lalu. Sampai saat ini, kejati maupun kejari masih belum menerima laporan pengaduan dari masyarakat.

“Sampai saat ini belum ada laporan. Kalau ada ya kita tanggapi,” jelasnya.

Tim Khusus Pelayanan Publik yang terbentuk di kejati dan kejari tidak hanya mengawasi proses seleksi penerimaan siswa atau mahasiswa baru.

Namun, rencananya juga akan melakukan pengawasan di tempat pelayanan publik lainnya seperti pembuatan kartu tanda penduduk (KTP) atau sertifikasi tanah.(bdh/bdh)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: