Review PPDB Online di Indonesia

Jika dilihat dari perkembangan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru di Indonesia sebenarnya dapat dilihat progress perkembangannya. Dimulai pada tahun 2002 kota malang mengembangkan PPDB (pada waktu itu masih PSB) online yang pertama kali. Dengan siapakah PSB online waktu itu dikerjasamakan. Setelah Googling ternyata dengan Intitusi Pendidikan Tinggi Yaitu UNIBRAW dalam hal ini UPPTI(salah satu unit di UNIBRAW yang merupakan bagian PUSKOM UNIBRAW), sepertinya Om Bee terlibat yah dalam pengerjaannya (Salam Pascal Bung). Selanjutnya kota-kota yang lain mulai mengikuti, mulai dari Padang, Blitar, Jogjakarta, Jakarta dan Lain-lain.

Nah pada Tahun 2006 kota Solo memulai untuk yang pertama kali. Siapakah yang mengerjakan adalah PUSKOM UNS. Kedua tahun dilaksanakan dengan cukup sukses tanpa kedala yang berarti.

Sedangkan tahun ke tiga, Analisis dari kami kemungkinan adalah Tidak tahu persisnya kondisi di lapangan, dikiranya dengan lancarnya PPDB 2007 dianggap sebegitu mudahnya membuat sistem PPDB. Sehingga anggapannya dengan menggantikan Posisi PUSKOM UNS saja maka sudah dapat dipastikan PPDB 2008 lancar. Namun Yang Kuasa berkehendak Lain, telapak tangan yang semula tengadah dibalikkan tengkurap begitu saja.( Lemes aku )

Sedangkan PPDB yang lain adalah PPDB Online Surabaya. PPDB ini ternyata Pembuatnya tidak jauh dari institusi Pendidikan Tinggi yaitu ITS Surabaya. Namun dalam tahun 2008 ini sepertinya bermasalah, tetapi permasalahannya tidak seheboh yang di SOLO.

Kesimpulannya.
1. Institusi Pendidikan Tinggi terlihat perannya dalam pengembangan dunia IT pendidikan di Indonesia.
2. PPDB yang sudah establish adalah PSB UNIBRAW dan PSB UNS

Anda sekarang mau memilih yang mana? Keduanya di dukung oleh PT. TELKOM. Namun untuk PPDB UNIBRAW sepertinya sekarang License nya sudah ditangan PT. TELKOM, sedang yang UNS masih dipegang UPT. PUSKOM.(Mungkinkah telkom akan meng akuisisi milik UNS juga, hehehehe sekarang kan baru model akuisisi, kayak Telkom dibeli Qatar, Indosat dibeli SINGTEL (* edited) Indosat dibeli QATAR kekekekekkekkekekeke)

Sedang perbedaanya adalah.

  1. PPDB UNIBRAW tidak menunjukkan warna jika tidak diterima dimanapun maka akan berwarna, sedangkan PPDB UNS menunjukkan itu. Saya merasa hal ini sangat informatif bagi masyarakat.(kekekke ini yang mau ditiru oleh PPDB skr tapi malah justru bumerang, Oops ada yg komentar neeeh kalo tampilan PPDB Skr sama persis spt tahun lalu)
  2. PPDB UNIBRAW lebih eyescatching, sedang UNS kurang eyescatching.
  3. PPDB UNIBRAW tidak langsung menampakkan saran dan kritik(disortir dulu), sedang UNS langsung menampakkan saran dan Kritik(Lebih transparan apa adanya).
  4. PPDB UNIBRAW langsung dikirim datanya, sedang yang dari UNS data diverifikasi terlebih dahulu di sekolah baru dikirim ke Server.

Nah sekarang anda mau pilih yang Mana? biarkan masyarakat yang memilih….

Jika ada salah tulis sebelumnya saya minta maaf… ingkang Sareh nggih…

Diambil dari berbagai sumber.

12 Responses

  1. PPDB Online di Surabaya dan Solo menggunakan tenaga bantuan mahasiswa, kalau yang punyanya Unibraw pake gak ?

  2. Mas,koreksi yang dilego ke qatar itu indosat,tadinya yang punya temasek (sintel). Telkom msh tetap flag carrier

  3. wah tengkyu atas koreksinya…..

  4. Kalo masalah biaya bagaimana mas, ada yang tau nggak berapa harganya PPDB Solo waktu UNS yang mengerjakan dan harganya PPDB Malang yang Unibraw kerjakan? Kalo dua-duanya berkualitas dan masyarakat tidak komplain seperti di Solo tahun ini, tentu harga yang menjadi prioritas.

  5. Wah itu saya ndak tahu Bung V4n….situs ini kan situs pencerahan….. agar masyarakat MELEK dengan Keadaan. Kalo semakin melek NGO pasti PANEN BESAR… RAK YO NGONO tho mas….

  6. Bagi yang memerlukan sms untuk keperluan PMB atau PPDB online, kami menyediakan short number 3949 ( all opertaor , kecuali smart, axis (masih dalam proses) ) hub : 0811255122

  7. Wah… makasih atas ulasan dan perbandingannya. Mudah2-an bisa membawa manfaat bagi semua pihak yg membuat sistem serupa (PPDB online). Dan juga, semoga dinas2 pendidikan di kota lain bisa mengambil hikmah dari kasus PPDB Online di Solo. Yup, saya terlibat (walaupun gak terlalu banyak) di sistem PSB Online Unibraw yg sekarang udah resmi jadi milik Telkom.

    FYI, sebenarnya udah banyak kota lain yg menggunakan sistem PPDB Online selain produk dari Unibraw (6 kota), UNS (1 kota), dan ITS (2 kota). Antara lain di Madiun, Banjarmasin, Bandung, Probolinggo, dlsb. Mungkin bisa dilanjutkan untuk review sistem di kota2 tsb? Kalo bisa yg sedikit lebih teknis.😉

    Salam sukses untuk PPDB Online UNS.🙂

  8. Terima kasih atas responnya Bung, saya ndak nyangka anda turun gunung sampe Blog ini, Salam FPC Bung….

  9. kebetulan ada pakar psb ol malang🙂

    @bee
    apakah pelaksanaan di 6 kota tersebut juga melibatkan tenaga bantuan mahasiswa seperti di solo,surabaya dan magelang ?

    thanks

  10. @michael:
    Ya, kami melibatkan tenaga bantuan mahasiswa, namun sifatnya hanya di back-end saja. Di lapangan, sepenuhnya dioperasikan oleh operator sekolah dan dinas setempat, yg sebelumnya telah kami latih. Kami hanya menempatkan 1-2 org saja sbg pendamping teknis di kantor dinas masing2 kota, sekedar untuk jaga2 kalo ada kendala di lapangan.

  11. kayaknya bantuan mahasiswa kurang terlalu signifikan, karena operator sekolah dapat melakukan secara mandiri selama aplikasinya user friendly. Kalau alasannya dari sisi kemampuan teknis operator, dari omongan mas Bee operator di kota kecil kayaknya sanggup melakukan proses entri data.

  12. […] dari detik tentang terseok-seoknya web Depperin mengingatkan kurnia dengan fenomena Ujian PSB Online yang dilaksanakan di kota Solo awal tahun ajaran kemarin. Kala itu memang bukan kali pertama Solo […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: