Ada pencabutan di PSB Solo

PPDB Solo atau PSB Solo tahun 2009 akan diwarnai dengan kegiatan baru yang cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.. apa itu “PENCABUTAN”… kayaknya bakal seru neeh……

  1. Banyak provokator di Sekolah-sekolah memanfaatkan kepanikan orangtua, karena pergerakan data tidak lagi Naik ke atas, mungkin bisa jadi Turun Naik. Posisi tidak menentu seperti ini dapat dimanfaatkan oleh orang-orang yg tidak bertanggung jawab.
  2. Kecenderungan wait and see, dikarenakan kebijakan pencabutan menjadikan keadaan tidak menentu.
  3. Kinerja di sekolah bertambah berat….dikarenakan harus melayani dua hal yaitu pendaftaran dan pencabutan.

8 Responses

  1. Untuk mencegah hal2 yg tidak diinginkan, mungkin pencabutan harus memiliki syarat. Seperti yg diterapkan di banyak kota, pencabutan baru diperbolehkan jika siswa yg bersangkutan sama sekali tidak diterima di seluruh sekolah pilihannya. Dgn demikian, siswa/ortu gak bisa sembarangan mencabut, serta harus mempertimbangkan pilihannya dgn matang. Di sisi lain, pihak pelaksana PSB Online, baik operator sekolah maupun dinas, gak perlu terlalu kerepotan melayani permintaan pencabutan yg membludak. Fasilitas pencabutan ini perlu ditangani dgn hati2, terutama di H-1 pengumuman hasil akhir.

    BTW, itu tim pendamping yg diturunkan kok banyak banget ya? 40 orang? Padahal sistemnya baru diterapkan di 1 kota aja. Gmn kalo mau diterapkan di banyak kota? Apa gak ada pelatihan ke sekolah sehingga sekolah bisa melaksanakan PSB Online scr mandiri? Dinas maupun sekolah rasanya sudah memiliki SDM yg mencukupi, apalagi Solo yg bukan kota terbelakang untuk urusan IT. Kenapa gak memanfaatkan SDM yg sudah ada itu saja?

    FYI, PSB di kota Malang, dan beberapa kota yg sudah lama (lebih dari 2 th) menerapkan sistem PSB kami, telah sepenuhnya mandiri. Kami (penyedia sistem) hanya standby aja di NOC. Gak repot di kami krn mereka bisa mandiri. Mereka juga senang dan bangga krn gak tergantung pada kami terus. Lebih efisien dan efektif.🙂

  2. Masalah kemandirian perlu dicontoh Bung bee…
    Siip… namun biasanya orang itu lebih suka “digendong” daripada disuruh jalan sendiri…
    Kaya lagunya mbah surip… Tak Gendong Kemana-mana… hehhehe

  3. @Bee
    Mungkin karena kebijakan PSB kota solo yang berubah-ubah, sehingga penyelenggara PSB khawatir operator sekolah tidak bisa mengoperasikannya.
    Btw, apakah SIAP-PSB juga mengadopsi kebijakan yang berubah-ubah seperti di kota-solo ?

  4. @Bee
    Saya lihat di Surabaya kacau karena data difinif softcopy tidak tersedia, padahal seharusnya data itu tersedia karena kelulusan sudah diumumkan.

    Apakah di SIAP-PSB juga mengalami masalah data definitif tersebut, atau katakanlah data UAN softcopy ?

  5. @ppdb:
    Ya, monggo aja selama yg menggendong masih kuat. Ibarat kita punya anak, apa dgn selalu menggendongnya kemana-mana akan membuat anak itu lebih sehat dan kuat?😉

    @michael:
    SIAP PSB sangat adaptif terhadap perbedaan aturan di berbagai kota, atau perubahan aturan tiap tahun ajaran. Kalo gak bisa adaptasi, gak mungkin dong sistem kami bisa diterapkan di lebih dari 10 kota.😉

    @boby:
    Betul bahwa data definitif memang sudah tersedia, walaupun memang agak sedikit terlambat. Kami sebenarnya juga menghadapi masalah yg hampir sama, tapi alhamdulillah kami bisa menyelesaikannya sebelum menjadi masalah.

    Mohon ma’af nih sama pemilik blog, kesannya jadi promosi di blog org lain. Saya hanya ingin berbagi pengalaman aja kok, ke sesama developer PPDB Online. Kalo Anda keberatan untuk itu, saya bisa mengerti.🙂

  6. Apa gunanya on line kalau masih bisa cabut-cabutan.
    Solo koq makin mundur aja.
    On line membuat semua jadi transparan….
    Ayo Pak murni on line aja. contoh yogyakarta….

  7. Bung Bee… meyakinkan para pembuat kebijakan memang butuh extra spirit…. apalagi menumbuhkembangkan jiwa kemandirian…

  8. @ppdb:
    Masa’ kota Solo kalah sama kab Tuban? atau kab Bojonegoro? Itu kabupaten loh ya, bukan kota.😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: